Skip to content

Contoh Aplikasi Plc Dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh Aplikasi Plc Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh aplikasi PLC dalam kehidupan sehari-hari
– Perkembangan semua sektor industri saat ini sudah sangat berkembang sejalan dengan perkembangan
teknologi. Saat ini industri sudah umum memakai mesin dan suatu sistem untuk menjalankan usahanya tentu hal ini terjadi untuk meningkatkan efektifitas dan skabilitas yang jauh lebih baik.

Beberapa dekade kebelakang industri otomatis masih menggunakan Ladder Schematic atau papan elektronik yang berfungsi sebagai sistem kontrol. Papan elektronik ini membutuhkan banyak relay yang saling terkoneksi untuk membuat sistem tersebut bekerja. Dengan kata lain, untuk membuat sistem bekerja relay – relay tersebut harus terhubung dengan banyak kabel.

Masalah pada Ladder Schematic jika ada satu kompenen yang rusak maka sistem tidak akan berjalan dan produksi pun akan terhenti. Maka dari itu munculan sebuah perangkat elektronik yang mengatasi masalah tersebut yang dinamakan PLC atau Progammable Logic Controller)


APA ITU PLC ?

PLC (Programmable Logic Controller) adalah sebuah perangkat elektronik yang mengontrol proses sinyal (digital/analog) input dan juga output dalam sebuah mesin. PLC tersebut mempunyai kontrol program untuk menganalisa sinyal input dan selanjutnya mengatur bagaimana kondisi outputnya sesuai dengan keinginan pengguna.

Kondisi input pada PLC akan disimpan kedalam sebuah memori yang dimana PLC melakukan instruksi logika yang telah di program untuk mengikuti kondisi inputan tersebut. Komponen input pada umumnya berupa sensor photo elektrik, limit switch, tombol pada kontrol panel. Sedangkan untuk komponen output berupa lampu indikator, relay yang menyalakan motor dan peralatan yang bisa digerakan oleh sinyal output.


KOMPONEN PLC

Sumber : www.rokhmad.com

Komponen PLC terdari empat bagian penting, bagian – bagian itu adalah :

  • CPU

Komponen PLC yang paling penting adalah CPU atau Central Processing Unit, dimana kompenen ini bertugas untuk memproses sinyal input lalu diolah menjadi hasil output.

  • Memory
Popular:   Aplikasi Surat Masuk Dan Keluar Berbasis Web

Komponen ini bertugas untuk menyimpan semua program perintah atau alogritma yang telah dibuat serta membantu prosesing.

  • Input dan Outut

Komponen ini bertugas memberikan sinyal atau informasi input ke CPU dan mengeluarkan hasil dari proses CPU. Komponen input dan output bisa berbentuk apa saja sesuai dengan kebutuhan dan tugas PLC.

  • Power Supply

PLC juga membutuhkan power supply yang baik untuk bisa menjaga kestabilan listrik dan perlindungan tegangan.


CARA KERJA PLC

Sumber : wikielektronika.com

Cara kerja dari PLC dibagi menjadi empat bagian, mulai dari sinyal input, processing dan yang terakhir output.

  • Sinyal Input

Sistem kerja PLC dimulai dari sinyal Input yang berbentuk apa saja, mulai dari perintah dari operator langsung, data dari mesin atau juga bisa output dari mesin yang lain.

  • Processing

Kemudian input dari berbagai perangkat tadi langsung masuk ke CPU dan lansung di lakukan processing sesuai dengan perintah program yang telah ditetapkan. CPU di PLC mirip dengan yang ada di komputer atau smartphone kalian, namun bedanya CPU di PLC lebih sederhana serta hanya bisa menjalankan perintah yang sederhana juga.

  • Output

Yang terkahir adalah output, merupakan hasil dari processing input, output disini bisa berupa data yang akan di arahkan lagi ke bagian input lainnya atau juga bisa hasil jadi dari mesin tersebut.


KELEBIHAN PLC

  1. Fleksibel

PLC sangat fleksibel karena hanya dengan satu PLC bisa digunakan untuk banyak mesin dengan programnya masing – masing. Sehingga ini bisa menghemat biaya serta sistem perkabelan pun dapat di kurangin dengan signifikan membuat memonitor dan pemeliharaan mmesin – mesin yang ada bisa dilakuan dengan cepat dan efesien.

  • Biaya Lebih Murah

Seperti yang telah disinggung diatas, karena PLC sangat fleksibel menjadikan biayanya pun menjadi lebih murah jika dibandingan tanpa menggunakan PLC.

  • Kontak yang Banyak
Popular:   Adakah Aplikasi Kamera Tembus Pandang Untuk Android

Kontak yang banyak yang dimiliki PLC memberikan kemudahan mulai dari instalasi dan juga finasial.

  • Kemudahan Pemograman, Pemograman dan Koreksi

PLC mempunyai kelebihan yang dimana sistemnya dapat di program ulang dengan mudah dan juga cepat, bahkan proses ini bisa dilakukan tanpa mematikan mesin produksinya. Hal itu bisa terjadi karena pemograman PLC dilakukan di komputer yang terpisah dan jika sudah selesai hanya tinggal diunduh di PLC yang ada di mesin produksi.

  • Metode Pemograman Mudah dan Banyak

Metode pemograman PLC cukup dan dan juga berbagai macam – macam seperti Ladder Logic Diagram, Mneumonic dan Funcion Blok Diagram. Hal ini membuat para programmer bisa memilih metode sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya.

  • Sederhana

PLC juga memiliki timer, counter, relay dan komponen lainnya yang ada di dalamnya.

  • Keamanan Terjamin

PLC mempunyasi sistem penguncian yang dapat mengurangi dari tindakan pencurian dalam bentuk apapun.

  • Record Data dan Friendly User

PLC dibuat untuk bisa menyimpan data – data yang diperlukan, serta interface yang memudahkan penggunanya.

  • Wireless

Sistem PLC terbaru memungkin akses sistem dapat dilakukan dengan jarak jauh tanpa harus data ke kantor atau ruangan khusus.

  •  Kemudahan Upgarade

Karena PLC sudah memiliki kompenen – kompenen seperti relay, timer dan lainya, menjadikannya sangat mudah untuk melakukan upgrade karena semua kompenen tersebut tersedia dalam bentuk paket modul.


CONTOH APLIKASI PLC DIKEHIDUPAN SEHARI – HARI

Selain PLC digunakan di industri, PLC juga digunakan pada hal – hal yang ada dikehidupan sehari – hari. Contoh Aplikasi Plc Dalam Kehidupan Sehari-Hari adalah sebagai berikut :

  1. Eskalator Otomatis

Eskalator otomatis bekerja otomatis
NYALA
jika ada orang yang menaikinya dan juga akan otomatis
MATI
jika tidak ada yang menaikinya dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

sumber : personalymda.wordpress.com

KET :

Popular:   Aplikasi Konsep Tekanan Zat Pada Makhluk Hidup

S1
– Sensor datang penumpang

S2
– Sensor pergi penumpang

Motor
– Motor Penggerak

Sekenario :

Jika
S1 NYALA, maka
MOTOR NYALA
dan
TIMER1 MATI

            Jika
S2 NYALA, maka
TIMER1 NYALA


Jika
TIMER1 NYALA, maka
MOTOR MATI

Program

Run 1

sumber : personalymda.wordpress.com

Run 2

sumber : personalymda.wordpress.com

Run 3

sumber : personalymda.wordpress.com

  • Lampu Lalu – Lintas
Sumber : dokumen.tips

Prinsip Kerja

Lampu Merah
menyala selama 10 detik, kemudian
Lampu Kuning
menyala selama 5 detik, setelah itu
Lampu Ijo
menyala selama 10 detik dan kembali lagi ke awal.

Diagram Ladder

Sumber : dokumen.tips

Komponen I/O:

X020 : Push button

Y000 : Lampu merah

Y001 : Lampu kuning

Y002 : Lampu hijau

T0 : Timmer-0 L.merah menyala 10 detik

T1 : Timmer-1 L.kuning menyala 5 detik Y002 : Lampu hijau

T2 : Timmer-2 L.hijau menyal a 10 detik

Cara kerja:

  • Saat Push button (X020) ditekan maka Lampu merah (Y000) akan aktif ,setelah push button dilepas maka Lampu merah (Y000) tetap aktif bersamaan dengan T0 yang mulai menghitung hingga 10 detik .
  • Setelah 10 detik T0 akan aktif sesaat ,memadamkan lampu merah (Y000),mengaktifkan lampu kuning (Y001),dan T1 mulai menghitung hingga 5 detik.
  • Setelah 5 detik T1 akan aktif sesaat ,memadamkan lampu kuning (Y001),mengaktifkan lampu hijau (Y002),dan T2 mulai menghitung hingga 10 detik.
  • Setelah 10 detik T2 akan aktif sesaat, memadamkan lampu hijau (Y002) dan kembali ke siklus awal

KESIMPULAN

Contoh Aplikasi PLC Dalam Kehidupan Sehari-Hari dapat ditemukan diberbagai sektor, khususnya sektor industri. kita juga dapat membuat PLC kita sendiri dengan sebuah mini kontroler kemudian kita berikan program perintah sederhana untuk menjalankan PLC tersebut.

Contoh Aplikasi Plc Dalam Kehidupan Sehari Hari

Source: https://duniateknologi.info/contoh-aplikasi-plc-dalam-kehidupan-sehari-hari/