Skip to content

Cara Memberi Izin Aplikasi Di Android Lollipop

Privasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dijaga. Tidak hanya di dunia nyata, tapi juga di dunia maya seperti di sosial media ataupun di dalam aplikasi android. Mungkin anda bertanya mengapa di dalam aplikasi menerapkan sistem perizinan.

Opsi dalam mengelola perizinan terhadap suatu aplikasi dimulai sejak Android versi Lolipop. Di dalam versi lolipop keatas, anda memiliki hak untuk menonaktifkan perizinan pada suatu aplikasi seperti aksek perpesanan atau telepon untuk menjaga privasi.

Namun bukan berarti anda harus menolak semua perizinannya, karena suatu alplikasi agar bisa berfungsi dengan baik maka diperlukan perizinan khusus. Contohnya pada aplikas File Managing director yang membutuhkan perizinan penyimpanan, Kemudian pada aplikasi Fotografi yang membutuhkan perizinan Kamera, dan lain-lain.

Mengingat akhir-akhir ini banyak sekali aplikasi yang beredar yang dapat mengambil data pribadi, untuk itulah mengapa anda harus mengelola perizinan pada suatu aplikasi. Baik itu aplikasi yang sudah terpasang maupun aplikasi yang kita pasang, anda masih bisa mengelola perizinannya.

Sebagai contoh aplikasi tema keyboard, aplikasi tersebut meminta perizinan yang sangat banyak seperti recorder, kamera dan lain-lain. Tentu itu bukanlah hal yang wajar, karena yang telah kita ketahui aplikasi tema keyboard tidak memiliki fitur untuk mengambil gambar dari kamera maupun merekam suara. Sehingga bisa disimpulkan bahwa aplikasi tersebut termasuk dalam aplikasi mata-mata.

Kabar baiknya, aplikasi yang seperti itu tidak akan anda temui di Google Playstore, karena hampir keseluruhan aplikasi yang tersedia di dalam playstore telah aman dan teruji. Jadi hanya untuk khusus aplikasi yang di download melalui sumber yang kurang terpercaya.


Cara Mengelola Suatu Perizinan Pada Aplikasi

 Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, diperlukan setidaknya ponsel Android minimal Bone Lolipop. Karena untuk OS Kitkat kebawah tidak tersedia fitur untuk mengelola perizinan.

Popular:   Link Nextar Noir untuk Bonus Hadiah Pulsa Gratis

1. Pertama buka aplikasi
Pengaturan atau
Settings
di handphone android anda.
2. Kemudian ketuk
Aplications
atau
Apps,
maka akan terlihat semua aplikasi yang terdaftar di dalam perangkat anda. Ketuk salah satu dari mereka untuk melihat informasi lebih lanjut.

iii. Temukan opsi
Permissions.
Lalu ketuk untuk melihat semua fitur perangkat yang dapat diakses oleh aplikasi.

4. Setelah itu anda dapat menggeser tombol yang berada disampiing untuk mengaktifkan setiap izin yang diinginkan.

v. Untuk aplikasi yang dirancang untuk versi Android versi lama, anda akan mendapatkan peringatan seperti menolak izin dapat menyebabkan alikasi menjadi tidak semestinya.

Hal ini dikarenakan aplikasi yang lebih lama menganggap mereka telah memiliki izin yang mereka perlukan. Jadi, apabila anda mengalami masalah dengan suatu aplikasi, anda bisa kembali mengaktifkan izin yang diperlukan.
half-dozen. Kemudian anda juga dapat menekan tombol menu untuk membuka menu
All Permissions
dimana anda akan melihat bagaimana aplikasi memerlukan izin yang dimintanya.


Mengelola Izin Berdasarkan Fitur

– Anda juga bisa melihat semua aplikasi yang memiliki akses ke izin tertentu dengan membuka
Settings > Aplications.
kemudian ketuk tombol yang berada di sudut kanan atas. Lalu ketuk
App Permissions.

– Disini akan ditampilkan daftar izin yang dapat diakses oleh aplikasi di ponsel android anda. Dari sini juga anda dapat mengetuk izin apapun untuk melihat semua aplikasi yang dapat meminta fitur tertentu.

– Misalnya saja pada aplikasi kalender, berikut daftar aplikasi yang meminta akses ke kalender di perangkat saya.

Untuk mencabut izin apliksi, ketuk tombol sakelar yang berada disamping untuk membaliknya ke posisi Nonaktif. Begitu juga sebaliknya, untuk memberikan kembali izin, maka anda bisa kembali ketuk tombol beralih tersebut.

Popular:   Aplikasi 5G Smart Penghasil Uang dengan Investasi

 Demikianlah artikel tentang cara mengelola perizinan aplikasi di Hp Android yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Share This Commodity :

Cara Memberi Izin Aplikasi Di Android Lollipop

Source: https://www.singgihrepairs.com/2020/04/cara-mengelola-perizinan-aplikasi-di-hp.html